Cara Membuat Pizza Mini Rumahan Tanpa Oven


Pizza adalah makanan khas Itali yang sangat terkenal di seantero dunia. Tidak terkecuali di Indonesia. Olahan makanan ini juga tidak sedikit digemari orang dari beberapa kalangan. Pizza adalah roti berbentuk bundar serta pipih yang di atasnya diberi topping saus tomat serta keju, lalu dipanggang di dalam oven. Tidak hanya itu, pizza juga dibekali dengan topping sayuran, daging, serta bumbu. Walau adalah makanan khas Italia, kini pizza telah menjadi salah satu makanan cepat saji yang paling terkenal serta umum di Eropa, Amerika Utara juga Indonesia.

Bagi kamu anak kos, telah menjadi keharusan bagi kamu untuk kreatif supaya dapat bersi kukuh nasib di segala keadaan. Apalagi saat akhir bulan datang. Duh, aku yang sempat ‘menjabat’ sebagai anak kos, tahu benar perjuangan ini! Contohnya, saat sedang ngidam makan pizza, anak kos harus mencari tutorial bagaimana supaya dapat memasak pizza sendiri di rumah tanpa keluar anggaran yang tidak sedikit. Supaya nasib kamu terus mudah.

Pizza biasanya dipasarkan dalam bentuk sehingga serta siap dimakan. Nah, daripada Kamu membeli pizza dalam bentuk sehingga di restoran yang harganya juga tidak terjangkau, sebaiknya Kamu membikin pizza rumahan sendiri. Mari kami simak resep tutorial membikin pizza di bawah ini :

  • Bahan untuk roti:

Tepung terigu protein sedang 300 gr
Gula pasir 20 gr
Air es 200 ml
Minyak goreng 25 gr
Ragi instan 1 sdt
Garam 1 sdt

  • Bahan untuk topping:

Ayam cincang 100 gr taburi serta uleni dengan sdt garam
Paprika hijau buah yang telah dipotong kotak-kotak
Sosis ayam 2 batang (potong kotak-kotak kecil)
Keju mozarella 150 gr (parut kasar)

  • Bahan untuk saus:

Tepung terigu protein sedang 3 sdm
Bawang bombay siung, cincang halus
Keju 25 gr, parut
Susu cair 250 ml
Margarin 2 sdm
Garam sdt
Merica bubuk sdt
Pala bubuk sdt

  • Cara membikin adonan pizza mini:

1. Siapkan wadah, kemudian masukkan tepung terigu, ragi instant serta gula pasir lalu aduk sampai tercampur rata. Tuangkan air es sedikit demi sedikit, sambil menguleni adonan sampai menjadi kalis. Tambahkan garam serta minyak goreng, lalu uleni adonan sampai menjadi elastis. Diamkan dulu selagi tidak lebih lebih 30 menit.

2. Selagi menantikan adonan, siapkan wajan serta panaskan, masukkan margarin di atas wajan. Lalu masukkan bawang bombay, tumis sampai bawang berbau harum. Masukkan tepung terigu lalu aduk sampai adonan saus menggumpal. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit, sambil diaduk pelan-pelan sampai adonan saus menjadi halus. Masukkan merica bubuk, garam, pala bubuk, serta keju parut, aduk-aduk sampai mendidih.

  • Cara memasak pizza mini tanpa oven:

1. Kempiskan adonan, kemudian takar serta bagi adonan menjadi @ 10 gram perbiji. Bentuk adonan pizza menjadi bulat, lalu diamkan selagi 10 menit. Lalu gilas adonan pizza menjadi berbentuk bulat serta pipih.

2. Siapkan teflon, lalu oleskan margarin di permukaannya. Letakkan adonan. Gunakan garpu untuk menusuk-nusuk permukaan adonan kulit pizza. Oleskan bahan saus di permukaan kulit pizza. Taburkan topping: keju, sosis serta tumisan ayam yang telah dicincang.

Selain memakai teflon, tutorial membuiat pizza lainnya yang dapat kamu coba adalah dengan mekegunaaankan magic com. Tutorial berikut ini juga sehingga bukti bahwa membikin pizza dapat diperbuat walau tanpa oven.