Seberapa Cepat 5G Di Indonesia ?

Perkembangan teknologi terus berkembang, tak terkecuali dalam sisi jaringan komunikasi serta internet. Beberapa tahun akhir-akhir ini umpama marak mengenai jaringan telekomunikasi generasi ke-5 alias lazim disebut 5G.

Teknologi 5G terbukti memperkenalkan kecepatan transfer data berlimpah, dapat tembus 1 Gbps. Tetapi walau telah di depan mata, 5G sayangnya tak diperuntukkan untuk manusia. Lantas untuk siapa? Direktur Mutlak Telkomsel Ririek Adriansyah membahas, kecepatan super cepat yang dirilis 5G dirasa bakal tak lebih optimal apabila cuma dipakai untuk kebutuhan sehari-hari pemakai, semacam transfer gambar, video streaming serta lainnya. Dimana aktivitas tersebut sejatinya telah lumayan terlayani dengan 4G yang saati ini terus merakyat.

Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kemkominfo), Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, serta XL Axiata menggelar uji layanan 5G bersama di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Dalam kawasan wisata ini, pengunjung dapat merasakan uji coba langsung kecepatan internet 5G sampai 1Gbps. CEO XL Axiata Dian Siswarini mengungkapkan dengan kecepatan 5G serta kapasitas yang lebih besar, pemakai dapat meperbuat hal-hal yang bersifat otomatisasi.

Teknologi 5G sukses memberbagi kecepatan lebih dari 700 Mbps dengan cara konsisten. Uji coba ini sendiri memakai perangkat buatan Huawei serta percobaannya dirancang untuk mensimulasikan pemakaian jaringan perkotaan yang sebetulnya.

Telkomsel juga menguji kecepatan internet teknologi 5G di area GBK, di mana kecepatannya tembus 16 Gbps. Saat memakai teknologi 4G, kecepatannya tembus 300Mbps. Bahkan diklaim, kecepatan 5G dapat 16 kali lebih kencang ketimbang 4G. Sekadar informasi, Telkomsel juga turut andil menjadi mitra operator resmi untuk Asian Games 2018.

Direktur Mutlak Telkomsel, Ririek Adriansyah, berbicara Telkomsel 5G Experience dibuat supaya pengunjung Asian Games 2018 dapat mencicipi implementasi dari teknologi revolusioner tersebut.

Sebetulnya, bukan hari ini saja Telkomsel mendemonstrasikan teknologi jaringan 5G-nya. Pada 2017 lalu, Telkomsel juga telah meperbuat uji coba kecepatan 5G memakai dua BTS. Saat itu, kecepatan download yang didapat dari uji coba tersebut mencapai 70 Gbps. uji coba saat itu hanya untuk menunjukkan seberapa kencang kecepatan yang dapat dicapai oleh jaringan 5G. Sementara untuk demonstrasi yang digelar bersamaan dengan peristiwa Asian games ini, Telkomsel lebih menekankan terhadap pemakaiannya (use case). Beberapa use case tersebut dapat dicoba di booth 5G Experience Telkomsel di GBK.