Ciri-Ciri Perkembangan Bayi Yang Harus Diketahui

Semua bayi yang baru lahir tentunya akan melewati tahapan perkembangan dalam kehidupannya. Masing-masing bayi akan mempunyai tahap perkembangan yang berbeda-beda. Kemampuan yang berkembang di dalam diri seorang bayi tersebut sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkungan ataupun gaya pengasuhan dari orangtuanya. Apabila interaksi tersebut berjalan secara resposif dan semakin menguat maka bayi akan tumbuh dan berkembang dengan kecakapan yang lebih tinggi sehingga perkembangan bayi menuju tahap selanjutnya akan berjalan dengan mudah.


Perkembangan bayi itu memang sangat tergantung dengan orangtuanya terutama sang ibu. Gaya pengasuhan seorang ibu itu sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan bayi. Dalam hal ini gaya pengasuhan yang penuh dengan kasih sayang akan membuat perkembangan bayi lebih cepat dan pesat. Selain itu pula gaya pengasuhan seorang ibu juga akan memberikan dampak positif bagi perkembangan otak bayi. Bayi yang mendapat pengasuhan penuh kasih sayang cenderung jarang menangis sehingga lebih banyak memanfaatkan energi yang ada untuk tumbuh dan berkembang.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri penting perkembangan bayi yang harus diketahui oleh kedua orangtua :

1. Perkembangan emosional bayi
Biasanya bayi yang perkembangannya baik maka akan tampak terlihat tenang ketika bersama dengan sang ibu. Bayi kita itu menghabiskan 9 bulan di dalam diri kita, jadi suara kita sebagai ibu sangat penting baginya. Jadi, jika kita memperhatikan bahwa si kecil itu suka memperhatikan atau mendengarkan kita setiap kali kita berbicara dengannya, itu berarti bahwa dia mengenali kita dan pertumbuhan emosionalnya ada di jalur yang benar. Inilah yang menjadi alasan mengapa suara kita bisa digunakan untuk menenangkan bayi saat dia menangis.

2. Perkembangan motorik kasar bayi
Perkembangan motorik kasar pada bayi itu  merupakan kemampuan bayi dalam bergerak secara aktif. Keterampilan motorik kasar yang berkembang dengan baik maka pergerakan bagian tubuh bayi yang lainnya pun juga berjalan dengan normal. Seorang ibu bisa memperhatikan perkembangan motorik kasar bayi mulai dari bayi baru lahir sampai berusia dua tahun. Kemampuan tersebut akan terus berlangsung secara bertahap sesuai dengan usia bayi.

3. Perkembangan motorik halus bayi
Perkembangan motorik halus pada bayi itu berlangsung secara teratur berdampingan dengan perkembangan motorik kasar. Pada intinya pergerakan bayi akan sangat terlihat lebih aktif karena motorik halus bayi berjalan dengan baik dan normal.

4. Pola tidur bayi lebih teratur
Ketika perkembangan bayi berkembang dengan baik maka berpengaruh juga pada pola tidurnya. Saat sistem saraf bayi berkembang dengan perlahan, kita sebagai ibu akan menemukan secercah sedikit rutinitas seperti pola tidur bayi. Bayi mulai tidur nyenyak berjam-jam selama malam hari. Semua hal ini menyiratkan bahwa bayi kita sangat sehat dan hangat.

5. Keterampilan bahasa atau berbicara
Seiring dengan bertambahnya usia maka perkembangan bayi juga akan meningkat. Kemampuan seorang bayi dalam berbahasa akan meningkat. Perkembangan bayi yang berjalan normal akan menunjukkan keterampilan bayi dalam berbahasa secara bertahap. Disinilah peran orangtua dalam hal memberikan stimulasi untuk meningkatkan kemampuan bayi dalam berbicara.

6. Kemampuan bayi untuk bermain, tersenyum dan bersosialisasi
Semua interaksi ini menunjukkan bahwa bayi mengalami perkembangan yang baik.  Bayi mulai  menjadi lebih sadar akan lingkungan sekitarnya. Pada tingkat tertentu, bayi akan mulai mengerti bahwa orang berinteraksi dengannya lebih banyak saat dia berperilaku secara sosial.  Pada perkembangan ini bayi juga mulai bisa tersenyum pada orang yang berinteraksi dengannya.

Inilah tahap perkembangan bayi yang bisa diketahui oleh kedua orangtua.  Sebagai orangtua, memperhatikan tahap perkembangan ini sangatlah perlu supaya kita mengetahui keadaan dan kondisi bayi.  Apabila ada kejanggalan maka kita bisa segera mengambil tindakan cepat untuk menanganinya.