Tips Mencari Perumahan yang Nyaman Untuk Keluarga

Perumahan yang nyaman untuk keluarga merupakan idaman semua orang. Banyak cara dilakukan oleh beberapa orang demi mendapatkan perumahan sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Ketika Anda membeli perumahan, sebaiknya perhatikan beberapa hal untuk menjadikan hunian tersebut nyaman dan aman.

10 Tips Mencari Perumahan Idaman Yang Nyaman
Berikut ini merupakan tips-tips yang akan membantu Anda dalam menemukan perumahan nyaman yang siap dihuni oleh keluarga tercinta.

1.    Lokasi
Pertama yang harus diperhatikan dalam mencari rumah idaman adalah lokasi. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin akses mudah ke kota, Anda bisa memilih perumahan yang bisa ditempuh sekitar 10 menit dari pusat kota.

Pastikan lokasinya strategis dan dekat dengan fasilitas umum. Meskipun definisi lokasi yang bagus bisa berbeda-beda, pastikan lokasinya mudah dijangkau. Sebisa mungkin lokasinya menguntungkan dan aman bagi keluarga nantinya.

Mempertimbangkan lokasi juga erat kaitannya dengan akses jalan. Pastikan perumahan yang akan dibeli memiliki akses jalan yang mudah, khususnya akses menuju fasilitas umum.

2.    Keamanan
Tips kedua yang harus diperhatikan ketika mencari perumahan yang nyaman bagi keluarga adalah mempertimbangkan keamanan. Keamanan tidak hanya ditinjau dari lokasi secara garis besar saja. Namun termasuk aspek kecil lain seperti lingkungan sekitar perumahan.

Sebisa mungkin hindari perumahan yang berada di dekat lokasi yang biasa terjadi kejahatan seperti pencurian, tawuran dan kerusuhan. Pada setiap perumahan yang Anda pertimbangkan, selalu tanyakan mengenai security atau penjagaan area perumahan.

3.    Lingkungan sekitar
Ketika mencari perumahan, pastikan melakukan survey untuk melihat kondisi lingkungan sekitar perumahan. Pastikan lingkungannya bersih, asri dan cukup terkena sinar matahari.
Lingkungan yang sehat akan berpengaruh terhadap keluarga di kemudian hari. Untuk itu, pastikan semua hal yang berhubungan dengan lingkungan benar-benar diteliti. Beberapa hal-hal yang bisa diperhatikan antara lain mengenai sistem pembuangan, drainase dan kesegaran udara.

Pilihlah perumahan dengan banyak pepohonan, terlebih jika berada di pusat kota. Rumah dengan pepohonan akan mengurangi polusi udara sehingga udara sekitar menjadi segar. Jika memungkinkan, pilihlah perumahan yang jauh dari kebisingan.

Lingkungan tidak hanya mengenai alam di sekitar perumahan. Untuk mendapatkan perumahan yang nyaman, perhatikan aktivitas sosial di sekitar perumahan. Jika masyarakat di lingkungan sekitar merupakan masyarakat dengan interaksi sosial cukup baik, perumahan tersebut bisa dipertimbangkan.
Jika terdapat anak-anak dalam keluarga, pastikan lingkungannya tidak membahayakan anak dan dekat dengan fasilitas untuk anak. Hal ini tentu akan mempengaruhi bagaimana anak-anak berkembang nantinya.

4.    Risiko bencana
Tips selanjutnya adalah melihat risiko bencana yang mungkin terjadi. Bencana seperti banjir mungkin bisa menjadi hal utama dalam hal ini. Pilih lokasi perumahan yang jauh dari bencana seperti banjir, longsor dan lain-lain.

5.    Fasilitas rumah
Pertimbangan selanjutnya dalam mencari perumahan yang nyaman bagi keluarga tercinta adalah mengenai fasilitas yang disediakan. Fasilitas ini biasanya meliputi listrik, air, dan koneksi internet jika ada.

Listrik menjadi salah satu penopang aktivitas sehari-hari. Pelajari bagaimana layanan listrik yang akan didapatkan sesuai dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan air, pastikan pihak pengembang perumahan menjamin ketersediaan air. Dengan begitu, ketika musim kemarau tiba, akses untuk mendapatkan air tetap terpenuhi dengan baik.

Di dunia yang serba digital seperti saat ini, koneksi internet sangat penting. Pertimbangkan area perumahan yang memiliki koneksi internet yang kuat. Atau setidaknya memiliki sinyal kuat untuk menggunakan layanan internet.

Perlu dipastikan juga mengenai fasilitas lain yang akan didapatkan, seperti misalnya perabotan rumah tangga, furniture dan lain-lain. Fasilitas yang akan didapatkan berhubungan erat dengan pertimbangan harga.

6.    Harga
Tips selanjutnya dalam memilih perumahan terbaru yang nyaman adalah dengan mempertimbangkan harga. Biasanya, pihak pengembang akan mematok harga yang cukup tinggi jika aspek-aspek di atas terpenuhi.

Untuk mendapatkan harga yang sesuai, sebaiknya mempertimbangkan hal-hal di atas dengan melakukan survey secara langsung untuk melihat keadaan sekitar perumahan. Jika harga dirasa setara dengan yang akan didapatkan ketika membeli perumahan tersebut, maka bisa untuk dimasukkan ke dalam daftar perumahan yang akan dibeli.

Hitung harga dengan teliti karena membeli rumah merupakan urusan jangka panjang. Hal ini meliputi pajak, bunga, cicilan beserta pembayaran hal-hal lain. Jangan sampai terkecoh dengan iklan yang menawarkan cicilan murah dan sebagainya sebelum benar-benar mengetahui seluk beluk perumahan.

7.    Mencari referensi
Referensi yang banyak akan mempermudah Anda dalam menemukan rumah idaman. Setiap kali memiliki referensi, pastikan bandingkan aspek-aspek di atas. Referensi yang bagus biasanya menunjukkan bahwa hunian tersebut bisa menjadi hunian nyaman bagi keluarga.

Sebaiknya tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Pelajari referensi perumahan untuk mendapatkan perumahan yang nyaman. Masukkan perumahan yang memenuhi syarat seperti yang diinginkan ke dalam daftar perumahan yang akan dibeli.

8.    Diskusi bersama keluarga
Karena keluarga yang akan menempati rumah tersebut, pastikan berdiskusi kepada seluruh anggota keluarga untuk memutuskan perumahan yang akan dibeli. Paparkan daftar perumahan yang akan dibeli beserta kekurangan dan kelebihannya.

Kesepakatan keluarga akan menjadikan perumahan yang dibeli bisa benar-benar nyaman untuk seluruh anggota keluarga yang akan tinggal. Jika sudah memiliki kesepakatan, maka segera cari tahu pengembangnya.

9.    Memeriksa pengembang
Sebelum memutuskan membeli perumahan yang nyaman bagi Anda sekeluarga, ada baiknya memahami siapa pengembang perumahan. Pastikan rekam jejaknya baik dan sistem kreditnya tidak membebani Anda. Meskipun yang akan ditinggali adalah rumah, namun jika urusan pembayaran bermasalah, maka akan mengganggu perasaan nyaman ketika menghuni rumah tersebut.

10.    Cermat
Tips terakhir ketika mencari perumahan yang nyaman adalah cermat. Cermat dalam memeriksa perumahan yang akan dibeli hingga cermat dalam melakukan perjanjian dengan pengembang.
Ketika melakukan perjanjian, cermati kontraknya dengan teliti. Pahami semuanya dengan cermat sehingga tidak ada ganjalan di kemudian hari. Jangan sungkan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti.

Mencari perumahan yang nyaman bagi keluarga memang tidaklah mudah. Ukuran, desain dan harga terkadang tidak bisa menjamin kenyamanan yang akan diperoleh. Selalu diingat bahwa rumah yang nyaman adalah rumah yang sesuai dengan impian Anda.

Untuk urusan pembayaran, alangkah baiknya jika melakukan riset dan melakukan perbandingan terlebih dahulu. Urusan pembayaran biasanya menjadi urusan yang merepotkan. Oleh karena itu, pastikan memahami istilah-istilah dalam jual beli perumahan.

Sistem pembayaran yang bersaing dan tidak memberatkan akan membuat perumahan tersebut benar-benar nyaman. Perlu diingat juga bahwa terkadang perumahan menjadi investasi yang tidak terduga. Oleh sebab itu, dalam memilih perumahan ada baiknya memikirkan hal ini karena merupakan urusan jangka anjang.

Dengan tips-tips di atas, diharapkan akan mempermudah Anda mencari hunian yang nyaman sesuai keinginan keluarga. Mungkin memang lumayan sulit dan cukup menguras tenaga serta waktu. Namun, jika cermat dalam memilih dan melakukan pertimbangan, maka semua usaha Anda akan terbayarkan karena bisa mewujudkan perumahan yang nyaman bagi keluarga. Melihat anggota keluarga tinggal nyaman dan bahagia merupakan hal yang luar biasa.